Think & Grow Rich_Karya Napolen Hill

"Think & Grow Rich" karya Napoleon Hill.

Beberapa hari lalu saya mendapat kiriman e-book gratis dari sebuah website, yakni e-book tentang "Think & Grow Rich" karya Napoleon Hill yg mengilhami banyak motivator di Indonesia. Tentu bukan tanpa alasan para motivator Indonesia ini "berguru" ke buku ini, karena isinya memang sangat "Luar Biasa". Bagaimana isi e-book tsb?

Dalam artikel ini saya akan berbagi poin-poinnya saja, karena tidak mungkin membahas "Think & Grow Rich" karya Napoleon Hill tsb semuanya dalam satu artikel ini. Inti dari buku tsb adalah "13 langkah Menuju Sukses".

Inilah ketigabelas langkah a-la "Think & Grow Rich" karya Napoleon Hill tsb:

1. Desire (keinginan). Titik awal semua kesuksesan. Langkah pertama menuju Kaya.

2. Faith (Keyakinan). Visualisasi dan keyakinan dalam mencapai keinginan. Langkah ke dua menuju Kaya.

3. Sugesti Otomatis (Auto Suggestion). Media untukmempengaruhi pikiran bawah sadar. Langkah ke tiga menuju Kaya.

4. Pengetahuan khusus (Specialized Knowledge). Observasi atau pengalaman-2 pribadi. Langkah ke empat menuju Kaya.

5. Imajinasi (Imagination). Bengkel pikiran (The Workshop of Mind). Langkah ke lima menuju Kaya.

6. Perencanaan yg terorganisir (organized Planning). Kristalisasi keinginan ke dalam tindakan. Langkah ke enam menuju Kaya.

7. Keputusan (Decision). Keahlian menunda. Langkah ke tujuh menuju Kaya.

8. Kegigihan (Persistence). Usaha berkesinambungan yg diperlukan untuk mendukung keyakinan. Langkah ke delapan menuju Kaya.

9. Kekuatan Gagasan (Power of the master mind). Kekuatan pendorong (The driving force). Langkah ke sembilan menuju Kaya.

10. Keajaiban transmutasi sex (The mystery of sex transmutation). Langkah ke sepuluh menuju Kaya.

11. Pikiran bawah sadar (The subconscious mind). Link yg tersambung. Langkah ke sebelas menuju Kaya.

12. Otak (The brain). Pusat memancarkan dan menerima pemikiran / gagasan. Langkah ke dua belas menuju Kaya.

13. Indra ke enam (The sixth sense). Pintu bagi rumah kebijaksanaan. Langkah ke tiga belas menuju Kaya.

Satu alasan paling utama dari 57 alasan orang gagal adalah:

"Kalau saja aku punya keberanian untuk melihat diriku sendiri apa adanya, aku akan menemukan apa yg salah dalam diriku dan kemudian membetulkannya (memperbaikinya), dan barangkali aku lalu punya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari kesalahan-kesalahanku dan belajar sesuatu dari pengalaman orang lain, karena aku tahu bahwa ada sesuatu yg salah dalam diriku, atau aku sekarang akan berada di tempat yg seharusnya saya berada jika aku sudah menghabiskan lebih banyak waktu untuk menganalisa kelemahanku, dan sedikit waktu untuk membuat alasan guna mengatasinya."
(Napoleon Hill).

Hypnotic Quotes. Kata-2 Motivasi

CHINESE PROVERBS:

- A cloth is not woven from a single thread => Kain tidak dirajut hanya dari satu benang.
- Life is partly what we make it, and partly what it is made by the friends whom we choose => Hidup sebagian merupakan hasil dari apa yang kita kerjakan,dan sebagian lagi hasil dari teman yang kita pilih.
- Be slow to promise but quick to perform => Jangan cepat berjanji, tetapi cepatlah mengerjakan.
-------------------
Swedish Proverb: Sweep first your own door, before you sweep the doorsteps of your neighbors. => Bersihkan dahulu pintu rumah Anda sebelum membersihkan pintu rumah tetangga.
-----------------------------
Claude Pepper: Life is like riding a bicycle. You don't fall off unless you stop pedaling. => Hidup itu seperti naik sepeda. Anda tidak akan jatuh kecuali jika Anda berhenti mengayuh pedalnya.

-------------------
Richard Bach, from Illusions: You are never given a wish without also being given the power to make it true. You may have to work for it, however. => Anda tidak akan pernah diberi harapan tanpa diberi kekuatan untuk mewujudkan harapan itu. ------------------
Jangan mencari siapa kamu, tetapi
TENTUKANLAH INGIN MENJADI APA KAMU

Berhentilah mencari mengapa saya disini, tetapi
CIPTAKANLAH TUJUAN ITU.

Hidup bukanlah proses pencarian, tetapi
HIDUP ADALAH SEBUAH PROSES PENCIPTAAN.

HIDUP ADALAH MISTERI UNTUK DIPECAHKAN
bukan masalah untuk diselesaikan

Percayalah kepada-Ku
HIDUP ITU INDAH, jika kamu tahu cara untuk hidup.
........................................
Apikatolik@yahoogroups.com

Orang yang paling berbahagia tidaklah harus memiliki
segala sesuatu yang terbaik, melainkan mereka dapat
berbuat yang terbaik dengan apa yang mereka miliki
.
--------------------
Charles Mingus - Musisi Jazz Legendaris
(dari buku "100 Ways to Motivate Yourself - Steve Chandler):
"Membuat sesuatu yg mudah jadi rumit itu biasa;
Membuat sesuatu yg rumit menjadi mudah, itulah yg luar biasa,
itulah yg disebut kreativitas."

--------------------
Napolen Hill
(Penulis Buku "Think and Grow Rich"):
=> There are no limitations to the mind except those we acknowledge.
=> Both Poverty and Riches are the offspring of thought.
=> Success Requires No Explanations. Failure Permits No Alibis.

Tips Mendapatkan Kebahagiaan di tengah Keruwetan Hidup

Kebahagiaan di tengah kesibukan, hiruk-pikuk, dan keruwetan hidup? Bagaimana cara mendapatkannya?

Permasalahan hidup yg terus mendera tak urung membuat orang menjadi cepat marah, mudah emosi, stress, hingga mudah sakit. Kadang juga membuat orang putus asa, kadang juga nekad, hingga berani melakukan hal-hal yg tidak mungkin berani dilakukan pada kondisi “normal”. Misalnya melakukan kejahatan, korupsi, hingga bunuh diri atau bahkan membunuh orang lain.

Kehidupan modern memang cenderung membuat orang tertekan. Stress. Persaingan bisnis, karier, permasalahan rumah tangga, tuntutan ekonomi untuk biaya sekolah, ”biaya sosial”, dsb, membuat kita dituntut untuk bekerja keras. Hingga kita terus memacu diri guna meningkatkan karier, pendidikan, dan penghasilan. Akibatnya kita seringkali kehabisan waktu. Capai. Lelah. Putus asa.

Kesibukan kerja di jaman modern nampaknya sudah menjadi keniscayaan. Tak terhindarkan. Pertanyaannya, bisakah dalam kesibukan ini, kita tetap mendapatkan kedamaian, kebahagiaan, dan ketenteraman hidup?

Jawabnya adalah bisa. Bagaimana kiatnya? Coba simak pengalaman saya yg berhasil menemukan kegahagiaan, ketenteraman dan kedamaian hidup setelah membaca buku psikologi dan kemudian mempraktekkannya.

Berikut ini pengalaman saya.

Ada suatu masa ketika aku aktif dalam Multi Level Marketing (MLM). Aku terbuai, larut, dan hanyut dalam motivasi hidup yg penuh "mimpi".

Di satu sisi, motivasi-motivasi yg aku dapatkan dari para Up-line menjadikan aku "bergairah", penuh angan dan "semangat" untuk menggapai "mimpi". Apalagi ketika melihat Up-line yg "sukses dalam sekejap". Hati siapa yg tak tergoda?

Selain motivasi dari Up-line MLM, aku juga sering membaca buku-buku motivasi dari para Motivator terkenal, baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Buku-buku yg seringkali "dibumbui" komentar berupa pujian dari tokoh-tokoh ternama Orang-orang sukses. Juga kesaksian dari mereka yg telah sukses berkat menerapkan ilmu yg ada di buku-buku tsb.

Buku-buku itu menawarkan jalan menuju sukses, yg hampir semuanya dalam ukuran uang. Uang yg "bekerja" untuk kita. Uang yg memberi kita "dana pensiun". Bagaimana meraih kebebasan finansial. Dst. Dsb. Dll.

Sejak saat itu aku terus berusaha dan berusaha.
Tidak mengenal waktu. Berganti-ganti MLM. Mencoba berwira-usaha. Dlsb. Tetapi, ketika terus berusaha dan bekerja keras, dan meskipun telah mencoba untuk "bekerja cerdas" namun ternyata mimpi sukses belum tercapai juga, maka secara psikologis aku mulai lelah. Mulai putus asa. Ake merasa garis tanganku bukanlah "orang sukses".

Dan ketika permasalahan lain, seperti p
ermasalahan rumah tangga, masalah karir, dsb, berbaur dengan rasa lelah ini, maka aku menjadi mudah marah, mudah menyalahkan orang lain. Maka aku kemudian selalu memandang orang lain tidak pernah berpihak padaku. Begitu juga terhadap Tuhan. Aku kecewa. Aku merasa Tuhan tidak adil. Mengapa aku ditakdirkan untuk tidak menjadi orang sukses? Itu yg selalu tertanam dalam benakku. Aku menjadi tidak punya "mimpi" lagi. Aku menjadi tidak "bergairah". Lunglai tanpa semangat hidup.

Yang sedikit menolongku adalah kekuatanku untuk tetap tabah dan tidak terperosok kepada hal-hal yg tidak benar. Sebaliknya, aku terus introspeksi diri, mencari jati diri siapa sebenarnya aku ini. Aku terus mencari dan bertanya sebenarnya apa yg Tuhan inginkan atas diri saya ini.

Buku Psikologi yg Merubahku.

Aku mulai berubah ketika suatu saat aku menemukan "Buku Motivasi" yg berbeda dari buku-buku motivasi lainnya. Buku ini tidak memuat "kesaksian", komentar, maupun pujian dari siapapun. Buku ini sangat lugu sekali. Tetapi dari pengantar penerbit di sampul belakang buku ini aku menjadi tertarik untuk membeli buku tsb. (Untuk tidak dikira berpromosi, maka aku tidak akan menyebutkan judul buku tsb).

BERSAMBUNG...

Blogging for Money? Nulis Artikel Dapat Dollar. Mau?

Blogging for money? Nulis artikel di Blog kita sendiri dibayar dollar. Mau?
(Pendapatan saya dari Paid Review Agt.'09. Klik gambar untuk memperbesar)
Kalau mau, coba ikuti jejak saya. Saya sudah mendapat ratusan dollar dari Blogging for money ini, yakni dengan cara menulis artikel atau membuat review yg kita tampilkan di Blog kita sendiri. Modalnya adalah:

- Punya account PayPal. Kalau belum punya, silakan daftar di sini.
- Buat Blog. Belum bisa membuat Blog? Ikuti tahap-demi-tahap di sini "Membuat Blog itu Gampang".
- Bisa menulis artikel dalam bahasa Inggris. Contoh artikel menarik dalam bahasa Inggris: "When Dracula Bites Me on a Trade Show" atau "Baby Strollers and The Jacko's Neverland".
- Mendaftar ke salah satu atau beberapa situs penyedia Paid Reviews seperti:
-> Blogsvertise
-> SponsoredReviews
-> BuyBlogReviews, dan masih ada beberapa lagi.

Mengenai aturan pendaftaran Paid Reviews, silakan baca di masing-masing situs penyedia Paid Reviews tsb. Jika pengin tahu banyak tentang cara mendapatkan uang dari internet atau Blogging for Money, silakan kunjungi Peluang Bisnis Online.

Kalau mau membaca salah satu contoh Paid Review saya, silakan KLIK DISINI.

Nah, kalau nulis artikel di Blog kita sendiri bisa mendapat dollar, kenapa tidak mencoba?

Website, Blog Sepi Pengunjung dan Tidak Mendatangkan Rejeki?

Website / Blog Teman Tidak Mendatangkan Rejeki.

Ini adalah kisah nyata.

Melalui chatting di Yahoo! Messenger, teman Blogger mengeluh pada saya soal “nasibnya” yang sudah hampir dua tahun sejak punya account Google Adsense dia belum pernah mendapat transferan Dollar dari Google Adsense. Begini keluhnya:
(Pendapatanku dari Google Adsense. Klik Gambar untuk memperbesar)
“Saya memasang Google Adsense di setiap Blog saya sejak lama. Sekitar dua tahun. Dan saya juga punya cukup banyak Blog. Kurang lebih sepuluh. Tetapi, saya heran, kenapa sampai sekarang pendapatan dari Google Adsense saya kurang dari US$5, ya?”

“O, ya?” Jawabku. “Aku kurang dari enam bulan sudah mendapapat US$100 lebih, tuh...!” Lanjutku.

“Koq, bisa, Pak. Gimana caranya?” Tanyanya heran sambil terus mendesakku agar aku mengungkapkan kiatku bagaimana caranya hingga aku bisa mendapatkan passive income yg cukup lumayan ini.

“OK. Boleh kasih tahu saya, beberapa alamat Blog kamu?” Jawabku. Dan kemudian temanku tadi pun memberi tahu aku beberapa alamat Blog-nya. Maka akupun kemudian mengunjungi Blog-blog temanku tadi. Dan beberapa saat setelah “mempelajari” Blog-nya, maka saya pun “memahami” kenapa Blog-nya tidak mendatangkan rejeki. Kisah nyata inilah yg memberi inspirasi saya menulis e-book berjudul:
"Rahasia Website / Blog yg Mendatangkan Rejeki".


Mengapa Membuat Website atau Blog?

Tujuan setiap orang, organisasi atau perusahaan mebuat situs atau Blog biasanya adalah untuk mempromosikan gagasan, pemikiran maupun produk mereka melalui dunia maya, sebuah dunia tanpa batas wilayah atau pun negara, dan tanpa batas waktu. Promosi melalui Website atau Blog memang memiliki potensi “Calon Pembeli” yg luar biasa besar seiring semakin banyaknya orang yang memanfaatkan / menggunakan internet di seluruh dunia, khususnya Indonesia.

Orang, organisasi, atau perusahaan yang membuat Website atau Blog tentu berkeinginan agar situs atau blog-nya dikunjungi orang. Semakin banyak pengunjung berarti tujuan mereka membuat Website atau blog mereka semakin mendekati kenyataan. Untuk itu mereka biasanya membuat website atau Blog mereka dengan tampilan yg bagus / menarik dan isinya yg berkualitas.

Jika dilhat dari sisi artistik dan teknik, Website dan Blog mereka bisa dibilang sempurna. Tetapi biasanya ada satu hal yg mereka lupakan atau yang menjadi kelemahan Website atau Blog mereka sehingga Website atau Blog mereka “Tidak Laku” atau Sepi Pengunjung. Kelemahan itu adalah dalam hal Pemasaran atau cara “menjual” Website / Blog mereka.

Jika kelemahan ini bisa mereka tutup, maka “Calon Pembeli Potensial” dalam jumlah besar akan bisa mereka dapatkan dengan “santai”. Tanpa batas wilayah. Tanpa batas waktu. Dan, jika mereka punya Account Google Adsense, mereka bisa mendapatkan Passive Income yg besar pula. Pertanyaannya:

“Bagaimana caranya?”
“Sulitkah?”
“Rumitkah?”
“Apakah yg bukan programmer juga bisa?”

Jawabnya adalah:
“Tidak sulit!”
“Tidak Rumit!”
“Bukan programmer juga pasti bisa!”

“Caranya bagaimana?”

Ini Dia Caranya

(BERSAMBUNG)

Tuhan, Siapa Sebenarnya Stanley Sutrisno Ini?

Pernahkan suatu saat dalam hidup ini Anda merenung dan "mempertanyakan" eksistensi / keberadaan diri kita di dunia ini? Pernahkan Anda bertanya kenapa Anda harus ada di dunia ini? Ketika Anda merasakan hidup ini begitu berat, pernahkah Anda bertanya mengapa saya harus mengalami semua ini? Pernahkah Anda mencari makna di balik semua "kesulitan hidup" ini dan mencari siapa jati diri Anda sebenarnya?

Kalau jawabnya adalah "pernah", maka pada saat tertentu berarti kita ada pada posisi yang sama. Kita "senasib". Dengan begitu barangkali kita bisa berbagi agar "nasib" yg kita alami bisa menjadi sedikit lebih ringan. Dan barangkali kita bisa saling menguatkan. Itulah tujuan dari artikel ini.

Selama ini saya seringkali bertanya dalam diri, kenapa Tuhan menjadikan aku orang yang, orang bilang, "Tidak Konsisten" dan gampang bosan. Kenapa Tuhan memberi saya "banyak cobaan", hidup susah sejak kecil. Dan sekarang, meskipun "sudah jadi orang", tapi nyatanya masih susah juga. Salah satunya adalah selalu "Lebih Besar Pasak daripada Tiang".

Orang selalu berkata, di balik kesusahan, di balik setiap peristiwa pasti terkandung makna. Dan selama ini saya sangat hafal kata-kata bijak tersebut. Tetapi, ketika saya mencari-dan-terus-mencari makna di balik kesulitan hidup, ketidak-konsistenan saya, dan ke-mudah-bosanan saya, saya selalu gagal dan gagal lagi.

Satu hal lagi, saya terkadang menyesali, kenapa aku ini harus diberi watak, yang orang bilang, "Idealis". Saya belum bisa menemukan bahwa idealisme saya ini menguntungkan saya. Yang jelas, karena idealisme saya inilah hingga saat ini saya tidak mau mendaftarkan diri jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan tidak mau jadi Akuntan Publik. Padahal potensi itu kemungkinan besar sangat ada, khusunya untuk menjadi seorang Akuntan Publik, karena aku memang seorang akuntan, dan sudah punya nomor register Akuntan. Karena idealisme saya itu pulalah saya "tidak bisa punya banyak teman" di kantor.

Pergulatan untuk terus mencari makna di balik semua "kekurangan" saya itu, sama susahnya dengan menjawab pertanyaan: "Siapa sejatinya Stanley Sutrisno itu?". Tapi saya terus bergelut dan bergulat untuk selalu melakukan pencarian itu. Walau kadang lelah, kadang putus asa, kadang pasrah.

Adakah yg berkenan berbagi...???

Salam.

WS Rendra dan Mbah Surip. Selamat Jalan


SELAMAT JALAN

MAS RENDRA,

SI BURUNG MERAK...


TERBANGLAH....

MENUJU SARANG SEJATI,

SARANG KEABADIAN...


DIMANA ENGKAU...
TAKKAN LAGI KEPANASAN


..................................................







SELAMAT JALAN MBAH SURIP

SEMOGA ENGKAU

MERASAKAN KEDAMAIAN

DALAM TIDURMU

DALAM GENDONGAN

SANG PENCIPTA KOPI SEJATI


Foto:
WS. Rendra - Republika - 7 Agt'09
Mbah Surip - Suara Merdeka - 06 Agt'09

------

Puisi Ws. Rendra:

Sajak Orang Kepanasan *)

Karena kami makan akar
dan terigu menumpuk di gudangmu
Karena kami hidup berimpitan
dan ruangmu berlebihan
maka kami bukan sekutu

Karena kami kucel
dan kamu gemerlapan
Karena kami sumpek
dan kamu mengunci pintu
maka kami mencurigaimu

Karena kami telantar di jalanan
dan kamu memiliki semua keteduhan
Karena kami kebanjiran
dan kamu berpesta di kapal pesiar
maka kami tidak menyukaimu

Karena kami dibungkam
dan kamu nyerocos bicara
Karena kami diancam
dan kamu memaksakan kekuasaan
maka kami bilang TIDAK kepadamu

Karena kami tidak boleh memilih
dan kamu bebas berencana
Karena kami semua bersandal
dan kamu bebas mamakai senapan
Karena kami harus sopan
dan kamu punya penjara
maka TIDAK dan TIDAK kepadamu

Karena kami arus kali
dan kamu batu tanpa hati
maka air akan mengikis batu

UI Salemba, 01 Desember 1979

*) Diambil dari Buku "Politik, Negara, & Kekuasaan" (Jakarta Forum, Depot Kreasi Jurnalistik)

----------

Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia **)

Aku tulis saja ini di bulan gelap raja-raja
Bangkai-bangkai tergeletak lengket di aspal jalan raya
Amarah merajalela tanpa alamat
Kelakuan muncul dari sampah kehidupan
Pikiran kusut membentur simpul-simpul sejarah

O, zaman edan!
O, malam kelam pikiran insan!
Koyak moyak sudah keteduhan tenda kepercayaan
Kitab undang-undang tergeletak di selokan
Kepastian hidup terhuyung-huyung dalam comberan

O, tatawarna fatamorgana kekuasaan!
O, sihir berkilauan dari mahkota raja-raja!
Dari sejak zaman Ibrahim dan Musa
Allah selalu mengingatkan
bahwa hukum harus lebih tinggi
dari ketinggian para politisi, raja-raja, dan tentara

O, kebingungan yg muncul dari kabut ketakutan!
O, rasa putus asa yg terbentur sangkur!
Berhentilah mencari Ratu Adil!
Ratu Adil itu tidak ada, Ratu Adil itu tipu daya!
Apa yang harus kita tegakkan bersama
adalah Hukum Adil
Hukum Adil adalah bintang pedoman di dalam prahara

Bau amyir darah yg kini memenuhi udara
menjadi saksi yg akan berkata:
Apabila pemerintah sudah menjarah Daulat Rakyat
apabila cukong-cukong sudah menjarah ekonomi bangsa
apabila aparat keamanan sudah menjarah keamanan
maka rakyat yg tertakan akan mencontoh penguasa
lalu menjadi penjarah di pasar dan jalan raya

Wahai, penguasa dunia yg fana!
Wahai, jiwa yg terenung sihir tahta!
Apakah masih buta dan tuli di dalam hati?
Apakah masih akan menipu diri sendiri?
Apabila saran akal sehat kamu remehkan
berarti pintu untuk pikiran-pikiran kalap
yg muncul dari sudut-sudut gelap
telah kamu bukakan!

Cadar kabut duka cita menutup wajah Ibu Pertiwi
Airmata mengalir dari sajakku ini.

**) Sajak ini dibuat di Jakarta pada tanggal 17 Mei 1998 dan
dibacakan Rendra di DPR pada tgl 18 Mei 1998

Sumber: Kompas, 8 Agustus 2009

Konsultasi Manajemen Konservasi Energy

Konseravasi energy saat ini sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Melalui implementasi system manajemen energy (energy management system) atau manajemen energy (energy management), konseravasi energy harus dilakukan minimal untuk beberapa alasan berikut ini:

- Mengurangi / menekan konsumsi energy tak terbarukan agar persediaanya tidak segera habis.
- Menekan emisi gas buang, khususnya CO-2, yg merupakan sumber dari masalah pemanasan global yg memiliki implikasi luas, khususnya perubahan cuaca (Climate Change).
- Menekan biaya produksi sebagai salah satu faktor penentu daya saing produk (alasan bisnis).
- Mematuhi perundang-undangan yg terkait konseravasi energy atau manajemen energy (energy management). Dalam hal ini adalah UU 30 th. 2007 tentang energy dan PP 70 th 2009 tentang konseravasi energy.

Terkait dengan hal tsb di atas pemerintah, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pusat bidang Industri Logam, Mesin, Tekstil dan Aneka (ILMTA), menunjukkan komitmennya dengan mengadakan berbagai kegiatan. Di antaranya adalah Training / Pelatihan Auditor Energy dan Workshop Assessment Energy.

Saya sendiri mengikuti pelatihan Auditor Energy tsb angkatan ke II pada tahun 2006, dan sudah dinyatakan lulus dengan mendapat sertifikat Auditor Energy. Training ini dilakukan bekerja sama dengan
Energy Manajemen Indonesia (EMI d/h PT. Koneba - Persero).

Pelatihan sebagaimana tsb di atas masih terus berlanjut seperti yg dilaksanakan bulan Juli lalu di Semarang. Selain pelatihan Auditor Energy juga diadakan Workshop Assessment Energy. Workshop dilaksanakan di Hotel Graha Santika Semarang selama sehari. Saya sendiri diminta menjadi nara sumber untuk memberikan semacam Testimoni Success Story Implementasi Manajemen Konservasi Energy di perusahaan kami. Ini merupakan kali yg ke dua saya diminta menjadi nara sumber semacam ini.

Dalam beberapa kesempatan saya juga diminta untuk menjadi pemateri pada pelatihan audit energy khususnya untuk materi manajemen konservasi energy. Foto di atas adalah foto saya (ke dua dari kiri, memakai jaket hitam dan baju merah) saat menjadi nara sumber di Hotel Graha Santika Semarang bulan Juli 2009 lalu. Sedangkan foto di bawah adalah foto bersama rekan-rekan peserta training auditor energy tahap ke tiga Angkatan II di PT. Batamtex, Ungaran, Kab. Semarang.

Salah satu alasan kenapa saya dipilih menjadi nara sumber dan juga pemateri adalah:

- Karena saya bukan "Orang Lapangan" yg langsung menangani energy atau pun seorang lulusan teknis yg terkait energy, melainkan saya seorang Akuntan. Bagaimana seorang Akuntan bisa Concern terhadap masalah konservasi energy? Itulah yang ingin dibagikan kepada para perserta Workshop.

Jawabannya adalah, karena saya manajer audit operasional yang tugasnya mencakup pula audit energy. Konservasi energy hanya bisa sukses jika manajemen puncak memiliki komitmen, dan posisi Manajer Internal Audit adalah sangat strategis untuk "menyadarkan" Top Manajemen, karena Ia "bisa menghitung" kerugian dalam nilai rupiah. Dan inilah yg biasanya lebih mendapat perhatian Top Manajemen. "DUIT".

- Karena sebagai seorang Akuntan saya memahami ilmu manajemen, dan karena kebetulan saya adalah seorang Manajer Internal Audit, yg mencakup pula audit Operasional, maka ilmu manajemen konservasi energy saya ingin mereka bagikan kepada peserta workshop maupun peserta pelatihan konservasi energy atau peserta pelatihan audit energy.

Bila Anda hendak berbagi atau Sharing terkait dengan masalah Konservasi Energy, system manajemen energy (energy management system) atau manajemen energy (energy management) silakan hubungi saya melalui e-mail atau telpon sebagaimana tercantum di bagian bawah situs ini. Atau Anda bisa membaca Blog saya yg khusus membahas konservasi energy, yakni "Planet Energy". Silakan KLIK DI SINI atau di link berikut:

http://planet-energy.blogspot.com

Terima kasih.

Konsultasi ISO 9001 Dipersilakan

QMS ISO 9001 dan Problemanya.

Pembaca yg budiman, seringkali setiap kali ada model manajemen baru konsultan yg "menjual" model manajemen baru tsb memberikan gambaran yang indah-indah tentang keberhasilan model manajemen baru tsb dalam meningkatkan kinerja organisasi. Seringkali pula konsultan tsb menyebut banyaknya jumlah perusahaan yg telah mengimplementasikan model manajemen baru tsb .

Demikian pula halnya dengan system manajemen mutu ISO 9001 (QMS ISO 9001). Tetapi, bagaimana halnya dengan perusahaan Anda yg telah menerepkan QMS ISO 9001, apakah merasakan manfaat serupa? Kalau memang demikian, apakah kenaikan kinerja organisasi Anda tsb lebih tinggi diabandingkan dengan biaya penyelenggaraan / pemeliharaan QMS ISO 9001?

Kalau ternyata implementasi QMS ISO 9001 belum mampu meningkatkan kinerja organisasi Anda, maka sudah saatnya Anda mengevaluasi di mana kesalahan implementasinya. QMS ISO 9001 sebagai sebuah model manajemen formal yg diciptakan oleh badan internasional yg integritasnya diakui dunia, mestinya mampu meningkatkan kinerja organisasi / perusahaan kita. Tetapi kalau kenyataannya tidak sesuai harapan, maka bisa dipastikan ada yg tidak pas dalam implementasinya.

Saya sebagai praktisi QMS ISO 9001 ingin berbagi pengalaman bagaimana menjadikan QMS ISO 9001 benar-benar memberi manfaat bagi peningkatan kinerja organisasi Anda. Bukan sekedar wacana tentang interpretasi klausul-klausul stndard internasional, tetapi bagaimana implementasi substansi QMS ISO 9001 ke dalam praktek nyata.

Untuk itu saya membuat beberapa Blog terkait dengan QMS ISO 9001, seperti Quality Forum maupun ISO 9001 Forum. Juga ISO 14001 Forum dan Internal Audit Forum. Atau bisa juga berdiskusi di ISO Forum. Silakan manfaatkan Blog tsb. Dan jika ada hal-hal yg hendak Anda sampaikan, silakan kirim email ke:

stanley.sutrisno@ymail.com

Salam mutu. Terima kasih.

CONTACT


STANLEY SUTRISNO

Alamat / addresse:
Perum Ambarawa Asri
Jl. Merah Delima 720, Bawen
Kab. Semarang, Jawa Tengah - Indonesia

Email / Y! Messenger:
stanley.sutrisno@ymail.com

Phone:
Mobile:088-21-501-4588; 0888-240-3124
Home: 0298-523632

Artikel Menarik Lainnya:

PARIWARA: Outbound Training