Kiamat 2012 di Mata Putri Kecilku.

Komentar orang tentang ramalan kiamat 2012 yg mendasarkan pada kalender suku Maya sudah begitu banyak. Meskipun sebenarnya tanggapan para ahli kalender tentang kebenaran ”arti” kalender suku Maya yg konon kabarnya berakhir pada 21 Desember 2012 itu sendiri tidak 100% mengamini hal tsb sebagai hari kiamat.

Seperti biasa, ketika muncul ramalan tentang kiamat, maka kemudian banyak orang beragama yg menanggapinya dengan membandingkannya dengan kitab suci yg dipercayainya. Orang-orang beragama, khususnya agama dari Timur Tengah, seperti ini umumnya mengatakan bahwa kita tidak perlu takut pada ramalan kiamat 2012 itu, karena ramalan itu belum tentu benar, karena sebenarnya hanya Tuhan yg tahu kapan kiamat tiba.

Hollywood yg merupakan gudangnya film-film fiksi ”menangkap” fenomena ini sebagai sebuah ”peluang bisnis” dengan menjual film ”2012”. Dan ketika film ini diputar di Indonesia, maka kemudian film ini pun laris-manis, karena ”momentum”nya tepat dan tidak lepas pula karena penonton Indonesia yg cenderung ”Hollywood Minded”. Alhasil, larangan MUI di beberapa daerah pun tak digubris, dan penonton pun tetap saja membludak.

2012 di Mataku.

Bagi saya sendiri, yang kebetulan juga meyakini Agama Timur Tengah, saya tidak mau terjebak pada kemungkinan benar-tidaknya ramalan 2012. Yg jelas, saya harus selalu berjaga-jaga bila saatnya tiba. Kapanpun itu terjadi, saya dalam kondisi yg terjaga, siap, dan tidak ada rasa takut sedikitpun.

Kenapa tidak ada rasa takut? Karena kiamat, sejauh yg saya tahu dan yakini, ia bukan akhir dari segalanya melainkan datangnya Kerajaan Allah. Ada tertulis: ”Berjaga-jagalah, karena kerajaan Allah sudah dekat”. Di samping itu, bukankah para ahli dari NASA juga sudah meyakinkan, bahwa pada tahun 2012 tidak akan terjadi hujan meteor sebagaimana yg dilukiskan dalam film itu?

Yg lebih penting adalah bagaimana kita berupaya menjaga lingkungan alam kita agar bumi ini berumur lebih panjang sehingga anak-cucu kita kelak bisa ikut menikmati. Itulah sebabnya sejak awal November 2009 ini saya mulai mengurangi konsumsi daging dan beralih ke Vegetarian. Makan sayur dan buah-buahan. Di samping mengungari emisi gas Metana dan CO-2 dari binatang yg efek rumah kacanya jauh lebih besar daripada konsumsi energy dari bahan bakar fosil, ternyata vegetarian juga membuat badan saya terasa lebih segar dan sehat.

Ketakutan Putri Kecilku tentang Kiamat 2012

Yang saya sedikit khawatirkan justru ketakutan putri kecilku yg baru kelas satu SD mengenai apa yg akan terjadi tahun 2012 nanti. Ia nampak begitu ketakutan. Bahkan, ketika menyaksikan cuplikan film 2012 di televisi, ia sampai menangis ketakutan.

Ketakutannya itu juga ia tunjukkan dalam tulisan yg ia tunjukkan kepada saya dan ibunya beberapa hari lalu sewaktu kami pulang dari kantor. Seperti biasa ia menghampiri kami. Tetapi kali itu lain. Bukannya menyambut kami dengan jabat tangan atau ciuman, melainkan ia datang dengan membawa buku menunjukkan tulisannya akan ketakutanannya jika kelak terjadi kiamat di tahun 2012. Tulisannya seperti ini:

Tahun 2012 Via sudah kelas empat SD. Tapi Via takut karena pada tahun itu akan ada kiamat. Bagaimana kalau nanti ada meteor yg jatuh di Indonesia. Nanti di Indonesia bisa terjadi gempa bumi, banjir dan sebagainya. Makanya Via takut.

Ketika saya tanya dari mana dia mengetahui hal kiamat 2012 itu, dia menceritakan bahwa dia melihatnya di Televisi. Inilah yg membuat saya sedikit khawatir. Televisi memang seringkali menimbulkan ”masalah” bagi anak saya.

Di mata anakku, Livia, tahun
2012 sepertinya benar-benar akan kiamat. Saya sudah mencoba untuk memberi gambaran atau penjelasan tentang 2012 kepadanya. Tetapi sejauh ini belum cukup manjur. Adakah di antara Anda yg ingin berbagi tips? Terima kasih sebelumnya. Kami tunggu tipsnya.

Musim Hujan Tiba, Waktunya Memulai Budidaya Jamur

Budidaya jamur, apakah jamur kuping hitam, jamur tiram atau jamur lainnya, sangat tepat dimulai pada awal musim hujan seperti sekarang ini. Kenapa? Karena kelembaban udaranya mencukupi sehingga potensi untuk menghasilkan produksi jamur yg tinggi pun ada. Setidaknya, itulah yg diungkapkan Lestari, pengusaha jamur dari Yogyakarta, seperti dilansir Kompas hari Sabtu, 14 November 2009.

Membaca pengalaman Lestari berbisnis jamur kuping hitam dan jamur tiram yg sukses, mungkin cukup layak bagi kita untuk mencoba terjun di bisnis ini. Bagaimana tidak? Dengan modal yg tidak terlalu besar, dan didukung oleh lima karyawannya, perbulan Lestari bisa meraih penjualan Rp. 750.000,- per hari atau Rp. 22.500.000,- per bulan dengan hasil bersih mencapai Rp. 7.500.000,- per bulan.

Menurut Lestari, budidaya jamur kuping hitam dan jamur tiram tidaklah terlalu sulit. Di samping itu, pasarnya juga masih terbuka lebar. Pangsa pasar jamur kuping hitam dan jamur tiram adalah lokal Yogya dan Bandung. Untuk bibit jamur dan keripik jamur produk Lestari, dipasarkan di Yogyakarta saja masih kurang.

Lestari (45th) adalah sarjana lulusan UNS Surakarta yg sebelumnya bekerja di Kalimantan. Kebetulan perusahaan tempatnya bekerja juga ada kaitannya dengan jamur. Ketika Ia mendengar bahwa budidaya jamur di Yogya mulai ramai, maka kembalilah Ia ke Yogya, kota kelahirannya. Di sana Ia pun kemudian menekuni budidaya jamur kuping hitam dan jamur tiram hingga kemudian sukses.

Kisah sukses Lestari selengkapnya bisa Anda baca di Kompas cetak atau di e-paper Kompas hari Sabtu, 14 November 2009. Ayo ikutan sukses budidaya jamur kuping hitam, jamur tiram atau jamur lainnya, mumpung musim hujan mulai tiba. Dan sukseslah seperti Lestari.

Mujizat di Gua Maria Kerep, Ambarawa?

Foto ini apakah benar-benar mujizat di Gua Maria Kerep, Ambarawa, Kabupaten Semarang atau hanya sekedar hasil rekayasa foto menggunakan software seperti misalnya Photoshop?

Yg jelas email dari orang yg mengaku mengalami mujizat di Gua Maria Kerep-Ambarawa, Kabupaten Semarang pada bulan April 2009 itu sempat beredar di milis ApiKatolik dan juga Kom-Kas pada tanggal 11-12 November 2009.

Tanggapan dari anggota milis sendiri beragam, ada yg sama sekali tidak percaya, ada yg berharap itu benar adanya, ada pula yang menyarankan untuk tidak usah terlalu dipusingkan dengan photo itu, yang penting diambil hikmahnya. Dsb.

Kisah "Mujizat" Gua Maria Kerep

Menurut e-mail yg beredar di kedua milis tsb, kisah "mujizat" yg belum terbukti kebenarannya ini berawal dari pengalaman dari seseorang yg diajak teman-teman mahasiswa dari sebuah universitas di Salatiga untuk bepergian ke Bandungan, Kab. Semarang. Dia sendiri bukan seorang Nasrani.

Sebelum ke Bandungan mereka mampir dulu ke Gua Maria Kerep Ambarawa. Karena dia bukan seorang Katholik, maka dia tidak ikut masuk ke Gua Maria Kerep. Dia hanya makan-makan di warung sebelah parkir. Ketika kemudian dia berbincang-bincang dengan penjaga warung yg juga bukan seorang Nasrani, akhirnya dia memutuskan untuk masuk ke Gua Maria Kerep untuk melihat-lihat.

Sesampai di area Gua Maria Kerep dan sekitarnya yg dia lihat sangat indah, dia kemudian berinisiatif mengambil gambar dengan kamera digitalnya. Salah satu obyek fotonya adalah Gua Maria Kerep itu sendiri. Semua berjalan seperti biasa. Dan setelah acara selesai, mereka pun melanjutkan perjalanan ke Bandungan, Kab. Semarang.

Ketika dia melihat-lihat hasil jepretan kameranya, dia melihat sesuatu yg aneh dengan hasil fotonya, yakni seperti foto di atas ini. Atas keanehan itu dia pun berbicara dan memperlihatkan foto itu pada pacarnya. Pacarnya menyarankan agar dia men-delete foto itu, tetapi dia justru menyimpannya karena merasakan seperti ada sesuatu yg membuat dia tidak kuasa untuk men-delete-nya. Hingga kemudian dia menulis e-mail tentang "kesaksiannya" itu.

Apakah e-mail tentang mujizat di Gua Maria Kerep-Ambarawa, Kab. Semarang yg beredar itu memang sungguh-sungguh kesaksian yg nyata atau cerita bohong dengan maksud tertentu di balik e-mail itu? Sampai posting ini saya buat, kelihatannya hal ini belum terjawab. Yg tahu tentunya Si Penulis e-mail tsb.

Kalau Anda sendiri melihat foto di atas, yg konon kabarnya, adalah mujizat di Gua Maria Kerep-Ambarawa, Kab. Semarang, apa pendapat Anda? Barangkali Anda kebetulan ahli fotographi atau telematika? Atau perlu tanya ke Roy Suryo, kali ya?

Kiamat Karena Pemanasan Global Tak Terhindarkan?

Kiamat Karena Pemanasan Global sepertinya adalah sebuah keniscayaan.Sesuatu yg tak terhindarkan. Musti terjadi. Soal kapan terjadinya, kelihatannya manusia hanya bisa memperlambat saja. Apa alasannya?

Peternakan Penyebab Terbesar Pemanasan Global.

Kompas.com tgl 5 November 2009 me-release berita tentang kontribusi peternakan dalam menyumbang pemanasan global yakni sebesar 51%. Ini sangat mencengangkan, karena selama ini yg kita ketahui penyumbang pemanasan global (Global Warming) terbesar adalah industri dan transportasi yg menggunakan Baham Bakar Minyak (BBM) sebagai sumber energynya. Penggunaan BBM ini menghasilkan CO-2 yg selama ini dituding sebagai penyebab utama efek rumah kaca.

Tetapi, menurut World Watch Institute, dalam laporan yang dirintis Watch Magazine Edisi November/Desember 2009 menyebutkan bahwa peternakan bertanggung jawab atas sedikitnya 51 persen penyebab gas rumah kaca global. Ini bukan lagi lampu kuning melainkan sudah lampu merah. Kenapa peternakan?

Alasannya,
gas Metana yang dikeluarkan oleh hewan ternak mengikat panas 72 kali lebih kuat daripada CO2. Hal ini mewakili kenaikan yang lebih akurat dari perhitungan asli FAO dengan potensi pemanasan sebesar 23 kali. Belum lagi emisi CO-2 dari pernapasan ternak, termasuk ikan. Peneliti itu memberitahu bahwa perkiraan mereka tentang 51 persen itu masih angka minimal.

Berhenti Makan Daging untuk Selamatkan Bumi.

Terkait dengan hasil penelitian itu, Al Gore, mantan wakil presiden Amerika Serikat mengajak kita untuk berhenti mengkonsumsi daging dan beralih ke Vegetarian, yakni makan sayur dan buah-buahan. Tujuannya tentu untuk mengurangi efek rumah kaca akibat gas Metana tsb.

Masalahnya adalah, mungkinkah ini bisa dilakukan? Kalau benar semua menjadi vegetarian, lalu bagaimana nasib peternak, penjual daging, penjaja sate, pabrik susu, dsb? Kalau kita menjadi vegetarian, berarti konsumsi sayur akan meningkat tajam. Sedangkan untuk membuat sayur itu juga dibutukan pupuk.

Lalu kita mau pakai pupuk apa? Pupuk kimia? Jelas-jelas pupuk ini tidak ramah lingkungan. Atau pakai Pupuk organik? Pupuk organik dihasilkan oleh hewan, penghasil gas Metana.

Menggunakan pupuk daun? Untuk pembusukannya memakai apa? Diremdam pakai air? Atau menggunakan bakteri? Yg ini belum ada jawaban pasti. Sedangkan pupuk organik saja jumlahnya sangat terbatas.

Kita semua juga tahu, bahwa BBM menyebabkan pemanasan global, tetapi untuk berhenti menggunakan mobil atau motor yg menggunakan BBM, nyatanya sampai sekarang juga tidak efektif. Kalau konsumsi BBM berhenti, tentunya negara-2 penghasil BBM juga tidak bisa hidup.

Kelihatannya manusia ini memang serba salah. Kehidupan hanya bisa terjadi jika ada konsumsi. Semakin besar konsumsi, semakin tinggi pertumbuhan ekonomi. Tetapi semakin tinggi konsumsi berarti semakin besar pula eksloitasi sumber alam dan semakin besar pula efek negatifnya, terutama terhadap pemanasan global.

Dan, anehnya, meskipun kita sadar bahwa apa yg kita lakukan atau kerjakan itu berdampak buruk pada bumi, tetapi nyatanya kita tidak kuasa untuk menghentikannya. Disuruh naik sepeda ke kantor saja belum tentu bisa, apalagi disuruh berhenti makan daging atau ikan.

Terlebih lagi kalau kebetulan selama ini kita menjadi penjual sate atau peternak, bisakah kita ganti haluan menjadi penjual sayur atau menjadi petani? Bisa! Butuh waktu berapa lama? Kurang dari tiga tahun? Atau lebih dari tiga tahun? Keburu kutub utara mencair habis, donk...!!!

Sepertinya kiamat memang harus terjadi, salah satunya karena pemanasan global. Kalau sudah begini, lalu kita mau apa?! Pasrah saja pada Tuhan?! What will be, will be?! Atau mau berhenti makan daging? Termasuk berhenti melakukan pertanian organik menggunakan pupuk hewan? Semua terserah pada Anda.


PayPal, Bertransaksi Mudah dan Aman. Aku Membuktikannya

PayPal ternyata memang sangat memudahkan transaksi bisnisku di internet. Dua tahun sejak saya memiliki account PayPal ini, sudah seringkali saya menerima pembayaran melalui PayPal dan beberapa kali melakukan pembayaran melalui PayPal.

Keuntungan menggunakan PayPal terutama adalah kemudahannya. Kalau saja saya tidak memiliki account PayPal, tentu saja saya tidak akan pernah mendapatkan dollar dari Paid Review, yakni pekerjaaan membuat Review Produk atau Website yg dibayar dengan dollar USA.

Perlu Anda ketahui, salah satu syarat untuk bisa mengikuti program Paid Review yg saya ikuti tsb adalah bahwa kita harus memiliki account PayPal, maka saya pun kemudian membuat account PayPal. Hampir semua program Paid Review mensyaratkan pesertanya untuk memiliki account PayPal.

Dengan menggunakan PayPal kita tidak perlu pergi ke Bank atau ke ATM untuk bertransaksi. Cukup melalui computer atau Laptop yg ada koneksinya dengan internet. Bukti transaksi bisa langsung dicetak melalui computer kita jika terhubung dengan printer.

Menyumbang Gempa Padang melalui PayPal.

Bulan Obtober 2009 lalu di sebuah milis, ada member yg mengumumkan bantuan ke Padang bisa melalui PayPal. Karena tertarik dengan ”terobosan” ini, setelah melakukan konfirmasi mengenai kebenaran atau validitas / keabsahan panitia tsb, maka sayapun kemudian memberikan bantuan melalui account PayPal-nya panitia penggalang dana sumbangan gempa Padang ini. Dalam hitungan detik sumbangan saya pun sudah bisa terkirim. Dan saya pun segera mendapat jawaban / ucapan terima-kasih atas sumbangan tsb.

Di sini saya bukannya ingin pamer, bahwa saya telah memberi sumbangan, melainkan hanya ingin berbagi cerita betapa mudahnya kita bisa melakukan hal ini dengan menggunakan account PayPal.

Keamanan PayPal.

Selain kemudahan, PayPal menurut saya juga lebih aman, karena kita tidak perlu memberitahukan nomor kartu kredit kita kepada siapa kita hendak berhubungan bisnis atau bertransaksi, kecuali kepada PayPal. Syaratnya adalah:

- Jangan sampai ada orang lain yg mengetahui Password kita yg kita pakai untuk melakukan akses atau Login ke PayPal, bahkan kepada orang yg mengaku sebagai karyawan PayPal sekalipun. Usahakan agar password untuk login ke PayPal ini jangan mudah ditebak.

- Jangan mengakses langsung situs PayPal melalui link yang ada di e-mail Anda. Jika hendak masuk ke account PayPal, masuklah melalui Windows Explorer, Mozilla Firefox, atau yg lainnya.

- Saran saya, gunakan alamat e-mail khusus untuk membuka account PayPal, karena untuk Login ke PayPal harus menggunakan e-mail address yg anda daftarkan ke PayPal.

Pendaftaran PayPal Indonesia.

PayPal sekarang juga sudah menyediakan account dalam bahasa Indonesia. Dengan demikian tentunya akan sangat membantu Anda yg kurang suka menggunakan PayPal dalam bahasa Inggris.

Sepanjang pengalaman saya, untuk bisa mendaftar ke account PayPal syaratnya kita harus mempunyai kartu kredit. Setelah pendaftaran kita ajukan, beberapa hari setelah nomor kartu kredit kita diverifikasi, dan bila hasilnya valid, biasanya pendaftaran kita disetujui.

Jika Anda ingin bertransaksi via internet secara mudah dan amankan seperti pengalaman saya selama ini, ANDA BISA MENDAFAR PayPal DI SINI atau KLIK DI SINI. Nah, semoga berhasil dan sukses selalu.

Tips Sukses Forex Trading atau Main Valas

Forex Trading atau istilahnya main Valuta Asing (Valas) merupakan sebuah bisnis yg sangat menjanjikan. Kita bisa sukses dan mendapatkan keuntungan besar dalam jangka waktu yg tidak terlalu lama dari bisnis Forex Trading atau main Valas ini.

Namun demikian, bisnis Forex Trading atau main Valas juga penuh dengan jebakan, perangkap, dan bahaya. Dengan demikian, diperlukan strategy yg jitu dan kehati-hatian untuk bisa sukses di bisnis ini. Mereka yg sudah sukses di bisnis ini mengatakan bahwa sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa kaya dari bisnis Forex Trading atau main Valas, kuncinya adalah komitmen dan kebulatan tekad.

Berikut ini tips yg perlu dipertimbangkan jika kita hendak bisnis Forex Trading atau main Valas ini:

- Pastikan bahwa tujuan utama kita bisnis Forex Trading atau main Valas ini adalah untuk menjadi Forex Trader yg sukses, bukan sekedar coba-coba, apalagi untuk main-main.

- Dapatkan pengetahuan yg menyeluruh, lengkap dan cukup mengenai Forex Trading atau main Valas, serta berlatihlah atau praktekkan. Siapkan waktu, curahkan perhatian dan fokus agar kita bisa mengerti dan memahami betul apa yang mendorong harga beraksi dan bagaimana pasar bergerak.

- Pilihlah Broker Valas atau Broker Forex Trading yg bisa dipercaya, efisien dan kompeten.

- Bukalah Account Demo Forex Trading terlebih dahulu, bermainah dengan berbagai jenis feature sofware, dan begitu kita sudah percaya diri, sudah paham betul dengan demo Forex Trading ini, maka saatnya kita memasuki Account Forex Trading sesungguhnya (forex trading live account).

Untuk bisa menjadi Forex Trader besar memerlukan kerja keras, kesabaran, belajar, banyak praktek, dan juga investasi yg wajar. Memiliki mentalitas dan bisa melihat masalah serta kesulitan bisnis Forex Trading atau Valas dengan pendekatan yg logis dan rasional merupakan kunci sukses jangka panjang.

Nah, apakah Anda mulai mempertimbangkan untuk bisnis Forex Trading atau main Valas? Jangan lupa untuk mempertimbangkan Tips Sukses Forex Trading atau Main Valas tsb di atas. Semoga sukses.

Quality Forum, persembahanku untuk para praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb

Quality Forum, persembahanku untuk para praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb.

Pembaca yg budiman, jika Anda adalah praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb, maka saya mempunyai persembahan untuk Anda, yakni "Quality Forum", sebuah blog yg saya dedikasikan untuk Indonesia tercinta agar produk Indonesia semakin berkualitas.

Caranya adalah berbagi pengetahuan dari pengalaman praktek saya di bidang system manajemen mutu
ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb. Dengan begitu diharapkan pembaca bisa memperoleh manfaatnya. Dan jika pembaca memiliki bisnis atau aktif dalam organisasi, maka mereka mendapat masukan untuk bisa mengelola bisnis atau organisasinya dengan lebih baik.

Penderita ”Blogaholic Syndrome”.

Bagaimana awal mula munculnya Quality Forum tsb? Barangkali Anda perlu membacanya, karena siapa tahu Anda juga akan mengalami apa yg saya alami. Inilah ceritanya.

Sebagai praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001 dan System Manajemen Lingkungan ISO 14001, yg kebetulan yg kebetulan terperangkap ke dalam hobby baru, yakni Blogging, saya ternyata telah terserang ”Blogaholic Syndrome”, yakni gejala menderita penyakit akut akibat ”virus Blogging”. Gejalanya adalah maunya nge-blog terus. Bangun tidur ngeblog lagi, ngeblog lagi – tidur lagi. Begitu seterusnya.

Akibat menderita ”Blogaholic Syndrome” itulah, maka muncul Blog-ku yg berjudul ”Quality Forum” dengan alamat http://www.quality-forums.co.cc/.

Lewat Blog ini saya ingin berbagi segala sesuatu terkait
System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM atau GKM, Lean Manufacturing, dsb. Tujuannya cuma satu, agar lebih banyak orang tahu praktek system manajemen mutu yg baik secara gratis, karena bagi saya, prinsip seorang Blogger Indonesia Sejati, apalagi yg sudah terserang ”Blogaholic Syndrome” adalah ”Haram Hukumnya Menguangkan Ilmunya”, misalnya dalam bentuk menjual e-book.

Kalaupun mencari uang, Blogger Indonesia Sejati biasanya mencarinya dari Paid Review, Pay Per Click Ads, dsb. Maka, hampir semua Blogger memberikan gratis tips-tips-nya. Apakah itu tips cara mencari uang di internet, tips menarik banyak pengunjung / traffic, dlsb. Kecuali mungkin satu, yaitu Tips SEO (Search Engine Optimization), karena biasanya Blogger harus bayar untuk mendapatkan ilmu SEO ini. Tapi, ada juga, lho, Blogger yg berbagi Tips SEO gratis!

Pembaca yg budiman, seiring dengan semakin murahnya biaya internetan, ”Blogaholic Syndrome”-ku pun semakin menjadi-jadi, maka muncullah blog-blog-ku yang lain seperti http://iso-9001-forum.blogspot.com/, http://iso-14001-forum.blogspot.com/, http://internal-audit-forum.blogspot.com/, http://www.qms-guide.co.cc/, http://iso-forum.weebly.com/ yg semuanya berbagi secara gratis ”ilmu” tentang manajemen mutu, manajemen lingkungan, dan juga ”ilmu” tentang internal audit. Ilmu yg tidak lagi sekedar teori, tetapi lahir dari dunia praktek. Belum lagi belasan blog lainnya yg berbagi tentang berbagai hal seperti Making Money Online, Blogging, dll.

Buah dari "Amalanku"

Apa buah dari semua itu? Buah Pertama adalah kepuasan. Puas karena bisa mencurahkan segala isi hati dan buah pikiranku di blog-ku, yg tak lain adalah ”Koran Online-ku Sendiri” tanpa ada yg berhak menyensor.

Kadang juga kejengkelanku, kemarahanku dan juga ketidak-puasanku pada apa saja. Pada pemerintah. Pada tingkah laku politisi. Pada Malaysia. Pada alam, bahkan pada diri sendiri karena ketidak-mampuanku melawan ”takdirku”, dlsb.

Buah Kedua adalah investasiku di Laptop dan HP-Modemku mulai ”balik modal”, karena tahun ini aku berhasil meraih ratusan dollar dari Paid Review dan juga ratusan dollar dari Google AdSense. Di sini saya harus mengucapkan terima kasih pada sebuah operator selular di Indonesia yg telah menjual paket HP untuk internetan secara murah, SMART. (Ini bukan iklan, lho).

Semua itu tidak lepas dari teknik SEO serta prinsip ”Kepuasan Pelanggan” dan ”Quality Improvement”, sebagaimana konsep ISO 9001, yg saya terapkan dalam ”ilmu” Blogging-ku, sehingga hampir semua blog-ku mendatangkan banyak pengunjung melalui Search Engine tanpa aku harus susah payah ”memaksa” mereka mengunjungi blog-ku.

Buah Ketiga adalah saya kemudian memperoleh banyak ”teman”, kalau belum bisa dibilang Klien. ”Teman-teman” saya ini ada yg mahasiswa yg sedang membuat skripsi tentang ISO 9001, Dosen, Management Representative ISO 9001 atau ISO 14001, praktisi dan Internal Auditor ISO 9001 & ISO 14001, dlsb.

"Teman"-ku itu ada yg di Jakarta, Surabaya, Kalimantan, dll. Bahkan ada yg berasal dari negeri yg suka mengklaim kebudayaan kita, Malaysia.

Apakah Anda juga praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb? Jika, ya, kami persilakan Anda memanfaatkan Quality Forum untuk saling berbagi. Salam.


Internal Audit Forum, Persembahanku untuk Para Praktisi Internal Audit.

"Internal Audit Forum", persembahan “internal auditor Blogger” untuk Para Praktisi Internal Audit.

Pembaca yg budiman, apa jadinya kalau seorang internal auditor adalah seorang Blogger Sejati? Apakah Ia akan ”menjual ilmu" internal audit-nya melalui Blog-nya? Atau Ia akan berbagi secara gratis? Kalau begitu, darimana Ia akan mendapatkan penghasilannya?

Nama saya Stanley Sutrisno, praktisi internal audit di sebuah perusahaan besar di Jawa Tengah yg memiliki karyawan +/- 7.000 orang. Bidang yg saya geluti mencakup audit System Manajemen Mutu ISO 9001, audit System Manajemen Lingkungan ISO 14001, Audit operasional atau audit manajemen, termasuk audit energy.

Selain sebagai Manajer Internal Auditor, kebetulan sejak beberapa tahun terakhir ini saya ”terperangkap” pada ”tugas” atau ”pekerjaan” lain, yakni sebagai Blogger. Saya kerjakan Blogging ini di rumah. Kadang hingga larut malam.

Awalnya saya hanya ingin berbagi ”ilmu internal audit” dan pengalaman praktek saya sebagai internal auditor, karena kebetulan masih sangat sulit mencari referensi terkait internal auditor, baik untuk audit QMS ISO 9001, EMS ISO 14001, apalagi Audit Operasional. Kalaupun ada biasanya harus mengeluarkan biaya konsultasi, karena kebanyakan mereka adalah konsultan ISO 9001 atau konsultan ISO 14001.

Maka kemudian saya munculkan blog Internal Audit Forum di http://internal-audit-forum.blogspot.com/

Tetapi, sungguh di luar dugaan saya, ternyata yg terjadi kemudian sungguh luar biasa,saya menjadi punya banyak ”teman”, kalau belum bisa desebut Klien. Tgl 27/10 2009 saja saya mendapat dua pertanyaan dari para "Klien" saya tsb. Yang satu dikirim melalui e-mail, sedang yang satu lagi dimasukkan pada rubrik diskusi atau tanya jawab di blog tsb di link ini: http://internal-audit-forum.blogspot.com/2009/03/internal-audit-forum-tanya-jawab.html.

Inilah pertanyaan dari kedua teman atau ”Klien” saya tsb. Saya sebut saja mereka Mr "X":
..........

Mr ”X”said: mohon pencerahan mas Stanley,
background saya accounting tapi saya di mutasi sebagai internal auditor di perusahaan yg blom pernah punya internal auditor.

pertanyaan saya :
1. apa jobdesk saya?
2. bagaimana mengaudit inventory di prusahaan trading?
3. sampai sejauh mana 'kekuasaan' saya, hanya memberikan masukan ato bisa membuat keputusan?
4. contoh laporan yang saya hasilkan bagaimana?
sory ya mas kebanyakan.. saya buta soal audit internal.
Terima kasih banyak buat tanggapannya.
..........

Selamat pagi pak, Saya Mr ”X”, kebetulan perusahaan saya akan mengimplementasikan ISO 9001:2008, nah saya kebagian Internal Auditor, Saya di Departemen IT.

Saya sudah mencari referensi implementasi ISO ini untuk departemen Saya, tapi belum menemukan...di dokumen ISO sendiri tidak menyebutkan departemen saya. mohon bantuan referensi yang bisa saya baca untuk implementasi pada departemen IT pak... atau sdikit brainstorming dari Anda untuk Departemn IT...
terima kasih Demikian, saya menunggu bantuan dan jawabannya..
Terima kasih,
Mr. “X”.
…..

Masih banyak lagi pertanyaan lain yg kemudian justru menjadi inspirasi saya dalam menulis di blog saya http://internal-audit-forum.blogspot.com/ tsb. Semua ilmu dan pengalaman praktek saya ini saya sharing-kan secara gratis melalui Blog ini, karena saya punya prinsip ”Haram Hukumnya Blogger Sejati Menguangkan Ilmunya”.

Tetapi, saya berhasil mendapat penghasilan ratusan dollar dari Google Adsense yg saya tampilkan di Internal Audit Forum tsb di http://internal-audit-forum.blogspot.com/ ini. Artinya, blog ini pun potensial untuk mendatangkan “Calon Buyer”, khususnya mereka yg terkait dengan internal audit. Saya optimis, suatu saat nanti, ”amal baik” saya di bidang internal audit ini akan mendatangkan rejeki lebih besar lagi dari para pemasang iklan di Blog ini.

Saya pun yakin, masih banyak lagi mereka yg ingin mendapatkan jawaban atas permasalahan mereka terkait internal audit. Itulah sebabnya saya akan selalu up-date blog Internal Audit Forum tsb, agar lebih banyak lagi bisa melayani para praktisi Internal Audit. Kalau kebetulan Anda juga ingin mendapatkan "ilmu" internal audit atau ingin sharing, silakan kunjungi Internal Audit Forum di link ini http://internal-audit-forum.blogspot.com/atau KLIK DI SINI. Selamat menikmati.

Artikel Menarik Lainnya:

PARIWARA: Outbound Training