Internal Audit Forum, Persembahanku untuk Para Praktisi Internal Audit.

"Internal Audit Forum", persembahan “internal auditor Blogger” untuk Para Praktisi Internal Audit.

Pembaca yg budiman, apa jadinya kalau seorang internal auditor adalah seorang Blogger Sejati? Apakah Ia akan ”menjual ilmu" internal audit-nya melalui Blog-nya? Atau Ia akan berbagi secara gratis? Kalau begitu, darimana Ia akan mendapatkan penghasilannya?

Nama saya Stanley Sutrisno, praktisi internal audit di sebuah perusahaan besar di Jawa Tengah yg memiliki karyawan +/- 7.000 orang. Bidang yg saya geluti mencakup audit System Manajemen Mutu ISO 9001, audit System Manajemen Lingkungan ISO 14001, Audit operasional atau audit manajemen, termasuk audit energy.

Selain sebagai Manajer Internal Auditor, kebetulan sejak beberapa tahun terakhir ini saya ”terperangkap” pada ”tugas” atau ”pekerjaan” lain, yakni sebagai Blogger. Saya kerjakan Blogging ini di rumah. Kadang hingga larut malam.

Awalnya saya hanya ingin berbagi ”ilmu internal audit” dan pengalaman praktek saya sebagai internal auditor, karena kebetulan masih sangat sulit mencari referensi terkait internal auditor, baik untuk audit QMS ISO 9001, EMS ISO 14001, apalagi Audit Operasional. Kalaupun ada biasanya harus mengeluarkan biaya konsultasi, karena kebanyakan mereka adalah konsultan ISO 9001 atau konsultan ISO 14001.

Maka kemudian saya munculkan blog Internal Audit Forum di http://internal-audit-forum.blogspot.com/

Tetapi, sungguh di luar dugaan saya, ternyata yg terjadi kemudian sungguh luar biasa,saya menjadi punya banyak ”teman”, kalau belum bisa desebut Klien. Tgl 27/10 2009 saja saya mendapat dua pertanyaan dari para "Klien" saya tsb. Yang satu dikirim melalui e-mail, sedang yang satu lagi dimasukkan pada rubrik diskusi atau tanya jawab di blog tsb di link ini: http://internal-audit-forum.blogspot.com/2009/03/internal-audit-forum-tanya-jawab.html.

Inilah pertanyaan dari kedua teman atau ”Klien” saya tsb. Saya sebut saja mereka Mr "X":
..........

Mr ”X”said: mohon pencerahan mas Stanley,
background saya accounting tapi saya di mutasi sebagai internal auditor di perusahaan yg blom pernah punya internal auditor.

pertanyaan saya :
1. apa jobdesk saya?
2. bagaimana mengaudit inventory di prusahaan trading?
3. sampai sejauh mana 'kekuasaan' saya, hanya memberikan masukan ato bisa membuat keputusan?
4. contoh laporan yang saya hasilkan bagaimana?
sory ya mas kebanyakan.. saya buta soal audit internal.
Terima kasih banyak buat tanggapannya.
..........

Selamat pagi pak, Saya Mr ”X”, kebetulan perusahaan saya akan mengimplementasikan ISO 9001:2008, nah saya kebagian Internal Auditor, Saya di Departemen IT.

Saya sudah mencari referensi implementasi ISO ini untuk departemen Saya, tapi belum menemukan...di dokumen ISO sendiri tidak menyebutkan departemen saya. mohon bantuan referensi yang bisa saya baca untuk implementasi pada departemen IT pak... atau sdikit brainstorming dari Anda untuk Departemn IT...
terima kasih Demikian, saya menunggu bantuan dan jawabannya..
Terima kasih,
Mr. “X”.
…..

Masih banyak lagi pertanyaan lain yg kemudian justru menjadi inspirasi saya dalam menulis di blog saya http://internal-audit-forum.blogspot.com/ tsb. Semua ilmu dan pengalaman praktek saya ini saya sharing-kan secara gratis melalui Blog ini, karena saya punya prinsip ”Haram Hukumnya Blogger Sejati Menguangkan Ilmunya”.

Tetapi, saya berhasil mendapat penghasilan ratusan dollar dari Google Adsense yg saya tampilkan di Internal Audit Forum tsb di http://internal-audit-forum.blogspot.com/ ini. Artinya, blog ini pun potensial untuk mendatangkan “Calon Buyer”, khususnya mereka yg terkait dengan internal audit. Saya optimis, suatu saat nanti, ”amal baik” saya di bidang internal audit ini akan mendatangkan rejeki lebih besar lagi dari para pemasang iklan di Blog ini.

Saya pun yakin, masih banyak lagi mereka yg ingin mendapatkan jawaban atas permasalahan mereka terkait internal audit. Itulah sebabnya saya akan selalu up-date blog Internal Audit Forum tsb, agar lebih banyak lagi bisa melayani para praktisi Internal Audit. Kalau kebetulan Anda juga ingin mendapatkan "ilmu" internal audit atau ingin sharing, silakan kunjungi Internal Audit Forum di link ini http://internal-audit-forum.blogspot.com/atau KLIK DI SINI. Selamat menikmati.

No comments:

Artikel Menarik Lainnya:

PARIWARA: Outbound Training