Quality Forum, persembahanku untuk para praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb

Quality Forum, persembahanku untuk para praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb.

Pembaca yg budiman, jika Anda adalah praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb, maka saya mempunyai persembahan untuk Anda, yakni "Quality Forum", sebuah blog yg saya dedikasikan untuk Indonesia tercinta agar produk Indonesia semakin berkualitas.

Caranya adalah berbagi pengetahuan dari pengalaman praktek saya di bidang system manajemen mutu
ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb. Dengan begitu diharapkan pembaca bisa memperoleh manfaatnya. Dan jika pembaca memiliki bisnis atau aktif dalam organisasi, maka mereka mendapat masukan untuk bisa mengelola bisnis atau organisasinya dengan lebih baik.

Penderita ”Blogaholic Syndrome”.

Bagaimana awal mula munculnya Quality Forum tsb? Barangkali Anda perlu membacanya, karena siapa tahu Anda juga akan mengalami apa yg saya alami. Inilah ceritanya.

Sebagai praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001 dan System Manajemen Lingkungan ISO 14001, yg kebetulan yg kebetulan terperangkap ke dalam hobby baru, yakni Blogging, saya ternyata telah terserang ”Blogaholic Syndrome”, yakni gejala menderita penyakit akut akibat ”virus Blogging”. Gejalanya adalah maunya nge-blog terus. Bangun tidur ngeblog lagi, ngeblog lagi – tidur lagi. Begitu seterusnya.

Akibat menderita ”Blogaholic Syndrome” itulah, maka muncul Blog-ku yg berjudul ”Quality Forum” dengan alamat http://www.quality-forums.co.cc/.

Lewat Blog ini saya ingin berbagi segala sesuatu terkait
System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM atau GKM, Lean Manufacturing, dsb. Tujuannya cuma satu, agar lebih banyak orang tahu praktek system manajemen mutu yg baik secara gratis, karena bagi saya, prinsip seorang Blogger Indonesia Sejati, apalagi yg sudah terserang ”Blogaholic Syndrome” adalah ”Haram Hukumnya Menguangkan Ilmunya”, misalnya dalam bentuk menjual e-book.

Kalaupun mencari uang, Blogger Indonesia Sejati biasanya mencarinya dari Paid Review, Pay Per Click Ads, dsb. Maka, hampir semua Blogger memberikan gratis tips-tips-nya. Apakah itu tips cara mencari uang di internet, tips menarik banyak pengunjung / traffic, dlsb. Kecuali mungkin satu, yaitu Tips SEO (Search Engine Optimization), karena biasanya Blogger harus bayar untuk mendapatkan ilmu SEO ini. Tapi, ada juga, lho, Blogger yg berbagi Tips SEO gratis!

Pembaca yg budiman, seiring dengan semakin murahnya biaya internetan, ”Blogaholic Syndrome”-ku pun semakin menjadi-jadi, maka muncullah blog-blog-ku yang lain seperti http://iso-9001-forum.blogspot.com/, http://iso-14001-forum.blogspot.com/, http://internal-audit-forum.blogspot.com/, http://www.qms-guide.co.cc/, http://iso-forum.weebly.com/ yg semuanya berbagi secara gratis ”ilmu” tentang manajemen mutu, manajemen lingkungan, dan juga ”ilmu” tentang internal audit. Ilmu yg tidak lagi sekedar teori, tetapi lahir dari dunia praktek. Belum lagi belasan blog lainnya yg berbagi tentang berbagai hal seperti Making Money Online, Blogging, dll.

Buah dari "Amalanku"

Apa buah dari semua itu? Buah Pertama adalah kepuasan. Puas karena bisa mencurahkan segala isi hati dan buah pikiranku di blog-ku, yg tak lain adalah ”Koran Online-ku Sendiri” tanpa ada yg berhak menyensor.

Kadang juga kejengkelanku, kemarahanku dan juga ketidak-puasanku pada apa saja. Pada pemerintah. Pada tingkah laku politisi. Pada Malaysia. Pada alam, bahkan pada diri sendiri karena ketidak-mampuanku melawan ”takdirku”, dlsb.

Buah Kedua adalah investasiku di Laptop dan HP-Modemku mulai ”balik modal”, karena tahun ini aku berhasil meraih ratusan dollar dari Paid Review dan juga ratusan dollar dari Google AdSense. Di sini saya harus mengucapkan terima kasih pada sebuah operator selular di Indonesia yg telah menjual paket HP untuk internetan secara murah, SMART. (Ini bukan iklan, lho).

Semua itu tidak lepas dari teknik SEO serta prinsip ”Kepuasan Pelanggan” dan ”Quality Improvement”, sebagaimana konsep ISO 9001, yg saya terapkan dalam ”ilmu” Blogging-ku, sehingga hampir semua blog-ku mendatangkan banyak pengunjung melalui Search Engine tanpa aku harus susah payah ”memaksa” mereka mengunjungi blog-ku.

Buah Ketiga adalah saya kemudian memperoleh banyak ”teman”, kalau belum bisa dibilang Klien. ”Teman-teman” saya ini ada yg mahasiswa yg sedang membuat skripsi tentang ISO 9001, Dosen, Management Representative ISO 9001 atau ISO 14001, praktisi dan Internal Auditor ISO 9001 & ISO 14001, dlsb.

"Teman"-ku itu ada yg di Jakarta, Surabaya, Kalimantan, dll. Bahkan ada yg berasal dari negeri yg suka mengklaim kebudayaan kita, Malaysia.

Apakah Anda juga praktisi System Manajemen Mutu ISO 9001, TQM, Lean Manufacturing, dsb? Jika, ya, kami persilakan Anda memanfaatkan Quality Forum untuk saling berbagi. Salam.


No comments:

Artikel Menarik Lainnya:

PARIWARA: Outbound Training